Tgl Surat

19 Juni 2017

No. Surat

354/K/KPI/31.2/06/2017

Status

Peringatan Tertulis

Stasiun TV

RCTI

Program Siaran

“Intens”

Deskripsi Pelanggaran

Berdasarkan pemantauan, pengaduan masyarakat, dan hasil analisis, Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) menilai Program Siaran “Intens” yang ditayangkan oleh stasiun RCTI pada tanggal 2 Juni 2017 pukul 10.36 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang anak-anak dan remaja sebagai narasumber yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Program tersebut menayangkan wawancara anak dari Yana Zein perihal kronologis meninggalnya Yana Zein. KPI Pusat menilai hal ini berpotensi melanggar Pasal 29 huruf a P3 KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran untuk tidak menayangkan wawancara anak-anak dan/atau remaja sebagai narasumber mengenai hal di luar kapasitas mereka untuk menjawab, seperti kematian. Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberi peringatan.

Peringatan ini merupakan bagian dari pengawasan KPI Pusat terhadap pelaksanaan peraturan serta P3 dan SPS oleh lembaga penyiaran, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran). Ke depan, saudara diharapkan lebih berhati-hati dalam menyajikan sebuah program siaran dan senantiasa menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar peringatan ini menjadi perhatian saudara. Terima kasih.










 

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.