Komisi Penyiaran Indonesia
Twitter
Facebook
English Version
Webmail
Links

Teguran Tertulis Program Siaran "Waktunya Kita Sahur" Trans TV

 

Tgl Surat

25 Juli  2012

No. Surat

452/K/KPI/07/12

Status

Teguran Tertulis

Stasiun TV

Trans TV

Program

"Waktunya Kita Sahur"

Deskripsi Pelanggaran

Pada tanggal 21 dan 22 Juli 2012 mulai pukul 02.30 WIB menayangkan adegan yang melecehkan orang dengan kondisi fisik tertentu atau orang dengan orientasi seks dan identitas gender tertentu serta melanggar norma kesopanan dan kesusilaan. Adegan tersebut adalah:

21 Juli 2012:
  1. Denny Cagur mengomentari bentuk gigi Kiwil, "Kalau dari penampilan ada yang beda yaa..badannya agak mengecil, tapi giginya agak membesar yaa.."
  2. Olga menyebut Adul, "Roti Unyil"
  3. Wendy Cagur berkata kepada  Olga, "Ngakunya satu, padahal setengah..Setengah laki setengah cewek.."
  4. Wendy Cagur memukul wajah Olga dengan menggunakan kertas daftar pertanyaan kuis.
  5. Raffi Ahmad mengatai Narji dan Kiwil, "Ehh penonton, ini dua orang nih kalo main bola offside terus".
  6. Pada saat Jessica akan memeluk Adul, Wendi Cagur berkata, "Penonton, Jessica sih ngerasanya nggak pas, Adulnya mah..pas banget".
  7. Olga berkata kepada penonton yang bergigi tonggos, " Kalo saya mau kasih saran, mbak jangan dibehel pakai kawat dari dokter...Cuma saran doang, kalo bisa pake kawat yang depan MPR tuh".
  8. Wendy menyanyikan lagu yang syairnya berbunyi: "Ketemu Olge di depan rumeh, kayak orang gile udah tumpah otaknye".

22 Juli
2012:

  1. Adul memasukkan sesuatu ke dalam mulut Olga.
  2. Olga mengatai Adul "celengan ayam".
  3. Ikatan kain di bawah hidung seseorang pemain dikencangkan oleh Wendy hingga orang tersebut tampak kesakitan.
  4. Orang berkulit hitam dikatai Wendy,  "Dia bukan paling mateng, tapi telat diangkat".
  5. Seorang pemain tampak kesakitan karena kabel telepon ditarik melewati selangkangannya.
  6. Tyson yang tidak bisa menyebut kata "lautan" dikatai "goblok" oleh Olga.
  7. Adul disebut Olga, "Gayung Cendol" dan disebut Wendy, "Kalau kerendem di gula, mumbul lagi".
  8. Adul dikatai Olga, "bentuknya kayak mangkok serabi".
  9. Olga berkata, "Kecapnya kecut kaya ketek alay".
  10. Adul ditakut-takuti dengan ular karet.
  11. Raffi ditakut-takuti dengan monyet.
  12. Olga berkata saat Tyson tampak tidak takut terhadap monyet: "Tyson mah ngga takut..orang dia bapaknya".
  13. Olga mengatai Raffi, "Berondng pe'a".
  14. Wendy mengatai Kiwil, "Semakin lama semakin maju..giginya".
  15. Olga mengatai Adul, " Lucu sekali yaa.. baru kali ini saya lihat yang namanya sendok bebek breakdance".
  16. Wendy mengatai Narji lewat pantun: "Si wawan pake minyak nyong-nyong, jutawan bibirnya monyong".
  17. Wendy mengatai Narji, "Bapak Leonardji, giginya kayak gergaji".
KPI pusat telah memutuskan bahwa tindakan menayangkan adegan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran tahun 2012 Pasal 9, Pasal 14 ayat (2), Pasal 15 ayat (1) huruf b dan c, dan Pasal 21 ayat (1) serta Standar Progaram Siaran Pasal 9, Pasal 15 ayat (1), Pasal 17 ayat (1) dan ayat (2) huruf b dan d, dan Pasal 37 ayat (4) huruf a.
Share
logo kpi
Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Gedung Sekretariat Negara Lantai VI
Jl.Gajah Mada No.8, Jakarta 10120
Indonesia
Telp. 021-6340713
Fax. 021-6340667, 6340679
NEWSLETTER