Banyuwangi -- Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Hardly Stefano, melakukan kunjungan kerja ke Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (18/8/2022). Dalam lawatannya, disampaikan pentingnya penguatan literasi media ke masyarakat dengan menggandeng kalangan akademisi. Dia berharap kerja sama ini dapat menguatkan nalar masyarakat untuk cerdas bermedia.

Hardly menyampaikan, sebagai regulator penyiaran, pihaknya memiliki kewajiban untuk menegakkan fungsi penyiaran yang sehat serta berkualitas dan ini dimulai dari lingkungan kampus. Menurtunya, para agen intelektual yang ada di kampus merupakan kepanjangtanganan KPI untuk sosialisasi dan literasi ke masyarakat. 

“Sebagai representasi publik, KPI merasa terpanggil untuk menunaikan tugasnya dimulai dari kampus,” kata Hardly. 

Lebih lanjut, Hardly mengatakan, melalui kerja sama Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa (GLSP) yang menjadi program prioritas KPI, masyarakat wajib mendapatkan pengetahuan lebih misalnya tentang apa itu digitalisasi. 

Terkait digitalisasi ini, Hardly menyampaikan ragam manfaat yang dapat dihasilkan dari peralihan siaran analog ke digital yang salah satunya akan ramainya konten kreator di Indonesia. Dan, sebagai generasi muda, dia berharap ke depan mahasiswa Indonesia memiliki kompetensi membuat sebuah konten siaran yang berkualitas serta mengedukasi masyarakat. 

“Oleh karenanya, KPI ingin masyarakat dapat memahami bagian dari unsur digital, bukan sebagai penikmat saja, tapi bagaimana ikut meramaikan era ini dengan melahirkan karya yang apik,” imbuh Hardly.

Dalam kesempatan itu, Rektor Untag 1945 Banyuwangi, Dr. Andang Subahatiyanto, menyatakan apresiasinya kepada KPI yang siap bekerja sama dengan pihaknya untuk menggelar kegiatan Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa. Senada dengan pernyataan Hardly, pihaknya merasakan ada sebuah kebutuhan literasi kepada mahasiswa sebagai distributor informasi yang menyejukan. 

“Karena mahasiswa ini kan bersentuhan langsung ke masyarakat, saya menyambut baik jika ke depan program unggulan Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa yang digagas KPI ini bisa ikut serta dalam kegiatan di kampus kami,” tutur Andang. Maman/Editor: RG dan MR

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.