Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiyah.

Jakarta -- Tak lama lagi, Ramadan tahun 2020 akan meninggalkan kita. Ini pun akan diikuti dengan usainya sejumlah tayangan bertajuk Ramadan di berbagai stasiun televisi yang direferensikan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Terkait hal ini, KPI menyampaikan apresiasi tertinggi kepada seluruh lembaga penyiaran yang telah memberikan dan menyajikan tontonan khusus Ramadan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat.

“Kami sampaikan terimakasih untuk lembaga penyiaran yang berkenan menghadirkan tontonan Ramadan yang baik, berkualitas dan sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam bulan baik ini sesuai dengan referensi program yang kami sampaikan ke masyarakat,” kata Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiyah, pencentus referensi program siaran baik dan berkualitas Ramadan 2020, Jumat (22/5/2020).

KPI telah merilis sebanyak 64 program siaran berkualitas selama Ramadan 2020 yang meliputi kategori program ceramah, program kultum, program dokumenter, program wisata budaya, program pencarian bakat, program talkshow, program animasi, program sinetron, program reality show dan beberapa program lainnya.

“Publikasi referensi program siaran Ramadan baik dan berkualitas ini dilakukan KPI sebanyak dua tahap yakni pada saat sebelum Ramadan dan saat paruh Ramadan berjalan melalui seluruh saluran media yang KPI miliki,” tambah Nuning.

Setiap publikasi juga disertai dengan challenge kepada publik berupa "bulan baik bicara siaran baik" yang meminta kepada warganet untuk menyebarkan referensi program siaran berkualitas Ramadan melalui sosial media (instagram, facebook dan twitter) dan hal ini mendapatkan sentimen yang bervariasi dari publik. 

Meski Ramadan dan program siaran akan usai, Nuning berharap lembaga penyiaran untuk komit dan tetap konsisten menjaga kualitas program siarannya. Menurutnya, bulan baik ini dapat dijadikan sebagai titik awal untuk tetap menjaga kualitas program siaran dikemudian hari.

Berikut ini tautan Referensi Program Siaran Ramadan 2020 yang dapat diakses masyarakat:  https://drive.google.com/file/d/1f2VEqrv_lO07PLXxJK1snWbjdA8voz6r/view. ***

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.