Komisioner KPI Pusat, Mimah Susanti, memimpin acara pembinaan isi siaran secara virtual dengan MNC TV di kantor KPI Pusat, Selasa (31/3/2020). 

Jakarta -- Di tengah wabah Covid-19 yang melanda tanah air, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat tetap melakukan proses pembinaan terhadap program acara lembaga penyiaran, Selasa (31/3/2020). Guna mendukung kebijakan Social Distancing pada saat wabah ini, kegiatan pembinaan dilakukan secara virtual sehingga pihak lembaga penyiaran tak perlu hadir langsung di Kantor KPI Pusat. 

Koordinator bidang Isi Siaran sekaligus Komisioner KPI Pusat, Mimah Susanti, mengatakan mekanisme pembinaan yang dilakukan tetap sama, hanya komunikasi yang digunakan yang beda karena menggunakan fasilitas zoom meeting. Menurutnya, proses pembinaan terhadap program acara yang punya potensi pelanggaran tak boleh berhenti meskipun dalam kondisi wabah Covid-19 yang sedang melanda tanah air. 

“Kita harus menjalankan fungsi pengawasan isi siaran yang menjadi tupoksi utama KPI dengan tetap menjalankan proses pembinaan terhadap program acara walaupun dalam kondisi begini. Pembinaan ini dilakukan untuk menyampaikan potensi pelanggaran tersebut kepada lembaga penyiaran agar mereka segera  melakukan perbaikan isi program acaranya,” jelas Mimah Susanti pimpinan Pembinaan Program Acara “Instamania” MNC TV .

Di awal pembinaan, KPI Pusat menayangkan tayangan program acara “Instamania” yang dinilai berpotensi melanggar disaksikan tim MNC TV dari tempat masing-masing. Sementara itu, tim isi siaran yang hadir langsung dalam pembinaan di ruang rapat kantor KPI Pusat hanya beberapa orang. Acara pembinaan ini menerapkan protokol penanganan Corona pada saat rapat kantor. 

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, yang ikut pembinaan melalui layanan virtual turut menyampaikan masukan terhadap program acara “Instamania” MNC TV. Menurutnya, beberapa hal dari program tersebut harus diperbaiki agar tidak terjadi pelanggaran terhadap Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPSP). Sebagai program baru, tim produksi harus  memperhatikan muatan dan jam tayang dengan peraturan yang berlaku. Kreativitas jangan sampai mengabaikan kepentingan perlindungan publik. 

Hal yang sama turut disampaikan Komisioner KPI Pusat, Mohamad Reza, yang ikut bergabung dalam pembinaan melalui komunikasi virtual tersebut. 

Dalam kesempatan itu, Mulyo menyatakan kegiatan pembinaan isi siaran MNC TV walaupun melalui aplikasi virtual tetap berjalan baik dan lancar. “Saya mengucapkan terima kasih hari ini meeting eksternal melalui zoom bisa berjalan secara efektif,” katanya. ***

Hak Cipta © 2020 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.