Jakarta – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali memberikan apresiasi tinggi kepada program-program siaran Ramadhan di televisi yang edukatif, sehat, berkualitas serta selaras dengan regulasi penyiaran. Penghargaan rutin ini diberikan dalam ajang Anugerah Syiar Ramadhan 2019 yang diselenggarakan KPI  bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis mengatakan, pemberian penghargaan untuk program bertema ramadhan terbaik ini bertujuan mendorong industri penyiaran di tanah air untuk berinovasi menghasilkan program-program siaran yang berkualitas untuk masyarakat.

“Anugerah syiar ramadhan ini untuk mendorong terwujudnya penyiaran yang edukatif, informatif dengan selalu mengedepankan nilai-nilai religius,” katanya.

Menurut Andre, panggilan akrabnya, momentum  bulan Ramadhan secara filosofis merupakan sarana meningkatkan ketaqwaan lewat ibadah-ibadah khusus. Karenanya, lembaga penyiaran khususnya televisi, diharapkan meningkatkan kesadaran untuk menyuguhkan program siaran yang berkualitas dan berisikan semangat perbaikan diri. 

“Kami ingin anugerah ini memacu persaingan yang sehat antar lembaga penyiaran guna menyuguhkan program siaran ramadhan yang berkualitas,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Anugerah Syiar Ramadhan 2019 sekaligus Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiyah, menjelaskan program siaran ramadhan yang masuk dalam nominasi dan pemenang anugerah telah melalui rangkaian proses seleksi yang ketat dan penjurian oleh juri yang kompeten. 

“Kami menekankan program tersebut merupakan hasil produksi anak bangsa atau dalam negeri. Kemudian, program siaran yang masuk nomine tidak pernah mendapatkan sanksi dari KPI dan dapat dikembangkan sesuai dengan kategori program,” jelas Nuning. 

Nuning mengatakan, malam puncak Anugerah Syiar Ramadhan 1440 H/ 2019 dilaksanakan pada 15 Juli 2019 di Menara Bank Syariah Mandiri mulai Pukul 19.00 WIB - selesai. Terdapat 8 (delapan) kategori program siaran utama yang dinilai oleh KPI, MUI dan Kemenpora untuk kemudian ditetapkan program siaran terbaik. Kedelapan kategori tersebut adalah:

1.       Reality Show

2.       Sinetron

3.       Ceramah

4.       Pencarian Bakat

5.       Wisata Budaya

6.       Talkshow

7.       Kultum

8.       Dokumenter

Selain itu, KPI juga memberikan penghargaan secara khusus terhadap televisi terbaik dalam menayangkan program syiar ramadhan.

Masih dalam rangka Anugerah Syiar Ramadhan, penghargaan juga akan diberikan atas 6 (enam) kategori pengisi acara di televisi. Penghargaan ini secara khusus diberikan atas kerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga untuk kategori sebagai berikut:

1.       Host Muda Inspiratif

2.       Dai Muda Inspiratif

3.       Penyanyi Muda Inspiratif

4.       Aktor Muda Inspiratif

5.       ProgramTelevisi Inspirasi Pemuda Indonesia

6.       Production House Inspirasi Pemuda Indonesia

Selain itu, anugerah ini turut memberi penghargaan kepada siaran dengan kategori spesial syariah. Penghargaan ini diberikan KPI bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri. Ada tiga kategori yakni:

1. Literasi Keuangan Syariah

2. Hijrah Menuju Tuntunan Syariah

3. Halal : Gaya Hidup Sesuai Syariah

Rencananya, akan hadir dalam penganugerahan ini, Wakil Presiden terpilih 2019-2024, Prof Dr KH Ma’ruf Amin, Menteri Pemuda dan Olah Raga Dr Imam Nahrawi, jajaran pimpinan MUI Pusat, Kementerian Dalam Negeri dan Dirut Bank Syarih Mandiri. ***

 

Hak Cipta © 2019 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.