Bandung - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat gelar Focus Group Discussion (FGD) Riset Indek Kualitas Program Siaran Televisi KPI 2019 di Bandung, Kamis (15/5/2019). Kegiatan FGD ini menghadirkan para pakar untuk melakukan penilaian dan memberikan pendapat terhadap program siaran televisi. Dalam konteks ini, FGD dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas program siaran televisi. 

Komisioner KPI Pusat Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran, Agung Suprio, dalam pembuka acara menyampaikan harapan besar kepada para panelis dalam Riset KPI pada tahun 2019. “Saya berharap dan mengamini, para panel ahli ini yang hadir di sini mempunyai daya analisis yang unggul terhadap lanskap layar televisi, ulil albab. Dari sini, masukan dan kritiknya sangat dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas layar televisi,” ungkapnya. 

Di pihak lain, Dr. Dadang Rahmat Hidayat mengucapkan terima kasih kepada KPI dalam kegiatan FGD karena masih menjadikan Universitas Padjajaran sebagai salah satu universitas penyelenggara. “Kami mengucapkan terima kasih. Ada pakar metodologi, religi, komunikasi massa dan lainnya. Dengan komponen ini semoga bisa mendorong perbaikan seperti yang diharapkan KPI, kaitannya dengan perbaikan layar televisi,” ujar Dekan FIKOM Universitas Padjajaran ini.

Sambutan usai, acara dilanjutkan dengan FGD Panelis Ahli yang dimoderatori oleh Ibu Endah Muwarni. Dalam kategori berita, beberapa program siaran berita masih memasukkan opini stasiun televisi. “Ada beberapa televisi yang menyampaikan berita, dan sesuai dengan indikator, tidak ada masalah,” ujar Ari. “Tetapi tidak dapat dihindari, ada framing dan opini yang diselipkan oleh stasiun televisi, sesuai dengan kepentingannya,” lanjut pria yang bernama lengkap FX Ari Agung Prastowo.

Selain berita, infotaiment juga mendapatkan sorotan. “Kebanyakan infotaiment masih tendensius membuka aib tokoh atau artis, bahkan keluarganya sekalipun,” ungkap Dadang Sugiana. Sementara Variety Show dinilai hanya menampilkan gelak tawa saja. “Tidak ada misi yang bisa menginspirasi dari beberapa layar televisi dalam kategori Variety Show. Kalau tidak tertawa, yah, menjadikan objek yang lain untuk kembali dijadikan bahan tawaan,” ketus Agus Setiaman.

Selain kategori Berita, Variety Show, dan Infotaiment, program siaran lain yang dinilai adalah Sinetron, Anak, Religi, Wisata dan budaya serta Talk Show. Hadir dalam kegiatan FGD Dedeh Fardiah (Ketua KPID Provinsi Jawa Barat), Samsudin (Kepala Bagian Umum KPI Pusat), serta tim yang lain dari KPI Pusat dan para Pelaksana Daerah. Tim liputan KPI

 

Hak Cipta © 2019 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.