Anugerah Lifetime Achievement untuk Jusuf Ronodipuro

Siaran Pers No. 736/K/KPI/12/12

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memberikan Anugerah Lifetime Achievement bagi Muhammad Jusuf Ronodipuro dalam acara malam Anugerah KPI 2012 kemarin, Selasa 11 Desember 2012.

Jusuf Ronodipuro (1919 – 2008) adalah broadcaster sekaligus pejuang yang gigih dan berani serta salah seorang yang paling berperan mewartakan kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia. Jusuf adalah orang yang menyiarkan teks proklamasi melalui radio ke seluruh dunia pada tanggal 17 Agustus 1945. Saat itu Jusuf bekerja sebagai penyiar di Hoso Kyoku Jakarta (Radio Militer Jepang di Jakarta). Ia menerima secarik kertas berisi teks Proklamasi Kemerdekaan dari Syahruddin, seorang wartawan muda Domei yang berhasil menerobos blokade Jepang. Jusuf menyiarkan teks proklamasi itu sesuai dengan pesan Adam Malik.

Jusuf adalah salah seorang pendiri Radio Republik Indonesia (RRI) pada tanggal 11 September 1945. Sebelumnya, bersama teman-temannya ia terlibat dalam perebutan stasiun radio di seluruh Jawa dari tangan Jepang.

Saat menjadi Kepala Stasiun RRI Jakarta pada 1950, Jusuf merekam suara  Bung Karno untuk membaca kembali teks proklamasi setelah sebelumnya membujuk Bung Karno. Hasilnya, RRI memiliki satu-satunya rekaman deklarasi kemerdekaan Indonesia.

Pria kelahiran Salatiga, Jawa Tengah, pada 30 September 1919 ini adalah orang pertama yang menggemakan semboyan RRI: “Sekali di Udara Tetap di Udara!”. Ia juga berkarir sebagai diplomat dengan jabatan antara lain Penasihat Perwakilan RI di PBB dan Duta Besar di beberapa negara kawasan Amerika Latin. Jusuf meraih penghargaan Bintang Mahaputra tahun 2002.

Muhammad Jusuf Ronodipuro tutup usia pada hari Minggu 27 Januari 2008 dalam usia 88 tahun setelah dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Nina Mutmainnah Armando, ketua panitia Anugerah KPI 2012 menyatakan bahwa Lifetime Achievement adalah penghargaan khusus yang diberikan bagi individu yang mempunyai peran besar dalam sejarah dan penyiaran di Indonesia, memiliki visi memajukan penyiaran di Indonesia, dan memberi teladan serta inspirasi bagi insan penyiaran. Nina menambahkan, berbeda dengan peraih Anugerah KPI lainnya yang pemilihannya dilakukan melalui penjurian dengan juri-juri yang berasal dari luar KPI, maka untuk peraih Lifetime Achievement, penjaringan, pemilihan, dan penetapannya dilakukan oleh Komisioner KPI Pusat. Peraih Anugerah ini ditetapkan melalui rapat pleno Komisioner KPI Pusat. 

Anugerah Lifetime Achievement bagi Muhammad Jusuf Ronodipuro diterima oleh istri Jusuf Roniodipuro, Siti Fatma, yang hadir dalam malam Anugerah KPI 2012 didampingi menantu dan cucu-cucunya.

Jakarta, 12 Desember 2012

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat

Contact Person:

Nina Mutmainnah Armando, Komisioner KPI Pusat/Ketua Panita Anugerah KPI 2012

(0818 784 615)

                                                 

 

 

Hak Cipta © 2020 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.