Persiapan ASO, KPI Minta Segera Dibentuk Tim Digital Nasional

Surat Edaran Tentang Peran Serta Lembaga Penyiaran Tanggulangi Corona

KPI Hentikan Sementara Program “Rumpi No Secret” Trans TV

Menuju Pilkada “New Normal” 2020: KPI Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih Lewat Media Penyiaran

Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2020/1441 H

TERKINI
KPI Bahas Pembentukan Tim Nasional Siaran Digital

KPI Bahas Pembentukan Tim Nasional Siaran Digital

01 Desember 2020

Jakarta -- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mulai intensif membahas pembentukan Tim Digital Nasional (TDN). Pembentukan TDN merupakan hasil keputusan...

Tampilkan Muatan Hedonisme, KPI Tegur Acara “Bizz Update” INews TV

Tampilkan Muatan Hedonisme, KPI Tegur Acara “Bizz Update” INews TV

30 November 2020

Jakarta -- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memutuskan menjatuhkan sanksi administratif berupa teguran tertulis kepada Program Siaran “Bizz Update” yang ditayangkan...

Digitalisasi Pacu Potensi UMKM

Digitalisasi Pacu Potensi UMKM

29 November 2020

Jakarta -- Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani, mengatakan perkembangan digitalisasi membuka peluang dan potensi namun hanya sedikit yang...

Sosialisasi dan Literasi adalah Pilar Utama Digitalisasi Penyiaran

Sosialisasi dan Literasi adalah Pilar Utama Digitalisasi Penyiaran

27 November 2020

Bogor -- Persiapan matang dan terencana menyambut alih teknologi siaran analog ke digital pada 2022 harus dilakukan secara serius. Pasalnya,...

TVRI Siap Sambut Era Penyiaran Digital

TVRI Siap Sambut Era Penyiaran Digital

26 November 2020

Bogor -- Televisi Nasional Republik Indonesia (TVRI) siap berkomitmen un tuk bersiaran secara digital sesuai dengan aturan pemerintah. Hal itu...

DINAMIKA PENYIARAN

Beberapa Jaringan TV Hentikan Siaran Langsung Pidato Trump karena Berisi Disinformasi Pilpres

Beberapa Jaringan TV Hentikan Siaran Langsung Pidato Trump karena Berisi Disinformasi Pilpres

11 November 2020

Washington DC - Beberapa jaringan stasiun televisi AS pada Kamis (5/11/2020) malam menghentikan siaran langsung penampilan publik pertama Donald Trump...

Drakor 'Backstreet Rookie' Dinyatakan Telah Langgar Peraturan Penyiaran Korea

Drakor 'Backstreet Rookie' Dinyatakan Telah Langgar Peraturan Penyiaran Korea

09 Juli 2020

Seoul -- Komisi penyiaran Korea Selatan mencecar tim produksi Backstreet Rookie setelah drama tersebut menuai ribuan komplain terkait adegan yang...

Iran Akan Menutup Beberapa Penyiaran Milik Pemerintah

Iran Akan Menutup Beberapa Penyiaran Milik Pemerintah

11 Jun 2020

Teheran - Beberapa stasiun televisi pemerintah Iran yang ditujukan untuk pemirsa asing berisiko ditutup karena "akumulasi utang," kata kepala cabang...

Media Penyiaran Terbesar Filipina Berhenti Siaran Usai Dilarang Mengudara

Media Penyiaran Terbesar Filipina Berhenti Siaran Usai Dilarang Mengudara

06 Mei 2020

Manila - Badan regulasi telekomunikasi Filipina memerintahkan media penyiaran terbesar di Filipina, ABS-CBN, menghentikan operasi dengan alasan lisensi mereka telah...

Usulan Italia Gratiskan Siaran Pertandingan Sepak Bola Ditolak

Usulan Italia Gratiskan Siaran Pertandingan Sepak Bola Ditolak

27 April 2020

Italia - Sebuah proposal dari Kementerian Olahraga Italia untuk menyiarkan pertandingan sepak bola secara gratis di saluran televisi setempat ditolak...

BERITA KPID

KPID Sulbar Pantau Penayangan Iklan Kampanye dan Pemberitaan Pilkada Majene

KPID Sulbar Pantau Penayangan Iklan Kampanye dan Pemberitaan Pilkada Majene

27 November 2020

Majene -- Sembilan hari menjelang berakhirnya masa kampanye Pilkada Serentak 2020, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Barat makin...

Wagub Riza Patria Dukung Gerakan 'Melek' Penyiaran Digital di DKI Jakarta

Wagub Riza Patria Dukung Gerakan 'Melek' Penyiaran Digital di DKI Jakarta

26 November 2020

Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan mendukung gerakan 'melek' penyiaran digital yang dilakukan Komisi Penyiaran...

KPID Riau Temukan Pelanggaran P3SPS saat Debat Kandidat di Bengkalis

KPID Riau Temukan Pelanggaran P3SPS saat Debat Kandidat di Bengkalis

25 November 2020

Pekanbaru - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau menemukan pelanggaran pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) pada...

Bupati Buleleng: Lembaga Penyiaran Punya Andil Besar Sosialisasikan Protokol Kesehatan Saat Pandemi

Bupati Buleleng: Lembaga Penyiaran Punya Andil Besar Sosialisasikan Protokol Kesehatan Saat Pandemi

23 November 2020

Singaraja -- Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menilai lembaga penyiaran memiliki andil yang sangat besar dalam menyampaikan pesan-pesan terkait Protokol...

Seleksi Calon Komisioner KPI Aceh di Buka

Seleksi Calon Komisioner KPI Aceh di Buka

15 Oktober 2020

Banda Aceh - Tim Seleksi (Timsel) saat ini sudah membuka penjaringan calon Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh. Pendaftaran dimulai...

KAJIAN

“Penyiaran Digital Sebagai Determinant Factor Ketahanan Nasional”

“Penyiaran Digital Sebagai Determinant Factor Ketahanan Nasional”

26 November 2020

“Penyiaran Digital Sebagai Determinant Factor Ketahanan Nasional” oleh Nuning Rodiyah Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Indonesia sebagai negara yang memiliki...

Partisipasi Pilkada dan Media Penyiaran

Partisipasi Pilkada dan Media Penyiaran

19 Agustus 2020

KENDATI masa pandemi belum berakhir dan bahkan cenderung meningkat, bukan berarti pilkada tidak bisa dilaksanakan. Sebab, bila mengandalkan berakhirnya pandemi,...

Menjaga Netralitas Ruang Publik di Masa Pra Kampanye

Menjaga Netralitas Ruang Publik di Masa Pra Kampanye

11 Agustus 2020

Menjaga Netralitas Ruang Publik di Masa Pra Kampanye Penulis Nama : Andi Muhammad Abdi Aktifitas : Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia...

Menimbang Belajar Dari Rumah Bersama Netflix

Menimbang Belajar Dari Rumah Bersama Netflix

23 Jun 2020

Menimbang Belajar Dari Rumah Bersama Netflix Oleh: Hardly Stefano Pariela, M.KP (Komisioner KPI Pusat) Netflix adalah salah satu penyedia layanan...

Mengubah Kebiasaan Menunggu Bedug di Tengah Covid-19

Mengubah Kebiasaan Menunggu Bedug di Tengah Covid-19

15 Mei 2020

Jakarta - Ada budaya menunggu bedug magrib di saat Ramadhan. Kita mengenalnya dengan istilah ngabuburit. Menurut Kamus Bahasa Sunda yang...

 

Tgl Surat

30 Juli 2013

No. Surat

406/K/KPI/07/13

Status

Teguran Tertulis Kedua

Stasiun TV

Trans TV

Program

"Yuk Kita Sahur"

Deskripsi Pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia (“KPI”) Pusat berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No.32 tahun 2002 tentang Penyiaran (“UU Penyiaran”), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis telah menemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (“P3 dan SPS”) Komisi Penyiaran Indonesia tahun 2012 pada Program Siaran “Yuk Kita Sahur” (selanjutnya disebut program) yang ditayangkan oleh stasiun Trans TV  pada tanggal 23 Juli 2013 mulai pukul 01.57 WIB.
 
Pelanggaran yang dilakukan adalah penayangan adegan yang melecehkan orang dan/atau kelompok masyarakat dengan kondisi fisik tertentu, dengan orientasi seks dan gender tertentu, dan yang memiliki cacat fisik dan/atau mental, serta pelanggaran terhadap norma kesopanan.

Adegan-adegan tersebut adalah:
1.    Narji disebut oleh beberapa pemain dengan sebutan “ikan buntel”, “Tugino --Tuh Gigi Nongol”.
2.    Kiwil  disebut oleh beberapa pemain dengan sebutan “mulutnya kayak linggis”, “anak tupai”.
3.    Adul disebut oleh beberapa pemain dengan sebutan “ikan gapi”, “bawang goreng nasi uduk”, “badannya kayak telur ayam kampung”.
4.    Olga menyebut namanya “Jubaedah”, yang kepanjangannya “jurusan banci daerah”.
5.    Olga berkata pada Raffi, “Lu jangan kayak bencong dong.”
6.    Wendi berkata, “Ini yang suka di pinggir jalan” sambil memperagakan aksi seperti orang berkebutuhan khusus. Selanjutnya Wendi kembali memperagakan aksi yang sama saat berkata, “Om aku duduk di bawah tapi kaci makan ya”.
Jenis pelanggaran ini dapat dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap perlindungan kepada orang dan/atau kelompok masyarakat tertentu, norma kesopanan, perlindungan anak, dan penggolongan program siaran.
 
KPI Pusat memutuskan bahwa tindakan menayangkan adegan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran tahun 2012 Pasal 9, Pasal 14, Pasal 15 ayat (1) huruf b, c dan d, Pasal 15 ayat (2), dan Pasal 21 ayat (1) serta Standar Program Siaran Pasal 9, Pasal 15 ayat (1), Pasal 17 ayat (1) dan ayat (2) huruf b, d dan e, dan Pasal 37 ayat (4) huruf a.
 
Berdasarkan catatan kami, program ini telah mendapatkan surat sanksi administratif teguran tertulisNo. 392/K/KPI/07/13 tertanggal 16 Juli 2013.
 
Berdasarkan pelanggaran di atas, KPI Pusat memutuskan memberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis kedua.
 
Selain tayangan di atas, kami juga menemukan pelanggaran yang sama pada adegan yang ditayangkan pada tanggal 24 dan 25 Juli 2013.
 
Pada tayangan tanggal 24 Juli 2013, adegan yang dimaksud adalah:
1.    Olga disebut oleh beberapa pemain dengan sebutan “ngomongnya melambai kayak spanduk kena angin”, "pernah aku melihat situ di Taman Lawang".
2.    Narji disebut oleh pemain lainnya dengan sebutan “giginya tambah panjang".
3.    Kiwil disebut oleh pemain lainnya dengan sebutan “jamban".
4.    Adul disebut oleh pemain lainnya dengan sebutan “kayak melinjo sayur asem".
5.    Saat Olga mencium boneka kucing, Wendi menyarakankan agar kucing tersebut jangan dicium Olga, karena khawatir nanti akan mengucapkan “meong” dengan nada suara perempuan.
6.    Olga berkata ke seorang pria pemusik, “Kalau nggak puasa gue cipok lu".
 

Pada tayangan tanggal 25 Juli 2013, adegan yang dimaksud adalah:
1.    Olga disebut oleh pemain lainnya dengan sebutan “dongok".
2.    Kiwil disebut oleh beberapa pemain dengan sebutan “monyong amat”, “gigi abang kok keluar?”, “mukanya kayak herder", “dipungut dari tempat sampah”, “sandal bakiak”.  Pada adegan lain Wendi menyebutkan Kiwil setiap pagi latihan (mematuk di kayu) sambil memperagakan gaya mematuk kayu.
3.    Adul disebut oleh beberapa pemain dengan sebutan “juara satu lomba balapan anjing”, “mukanya kayak bakso gepeng”, “mukanya kayak kecebong tanah”, "busi", “cotton bud”, “...tidur di ubin jadi ciut”, "hamster”.
4.    Wendi meminta makan dengan menampilkan aksi seperti orang berkebutuhan khusus.
5.    Tara yang berpakaian perempuan mencium pipi Raffi sampai bercap merah di pipi.
 
KPI Pusat meminta kepada Saudari agar menjadikan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (“P3 dan SPS”) Komisi Penyiaran Indonesia tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program dan diharapkan terdapat perbaikan pada program siaran yang sesuai dengan ketentuan P3 dan SPS sehingga program siaran bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.
 
Kami akan melakukan pemantauan terhadap program ini. Bila masih ditemukan pelanggaran kembali, kami akan meningkatkan sanksi administratif berupa penghentian sementara atau pembatasan durasi.
 
Demikian agar surat sanksi administratif teguran tertulis kedua ini diperhatikan. Terima kasih.         

Hak Cipta © 2020 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.