Tgl Surat

28 Maret 2019

No. Surat

158/K/KPI/31.2/12/03/2019

Status

Peringatan Tertulis 

Stasiun Radio

HARD ROCK FM

Program Siaran

“Speak Up n Make It Happen”

Deskripsi Pelanggaran

Berdasarkan pemantauan dan hasil analisis, Komisi Penyiaran Indonesia (“KPI”) Pusat menemukan potensi pelanggaran pada Program Siaran “Speak Up n Make It Happen” yang disiarkan oleh stasiun Hard Rock FM pada tanggal 20 Maret 2019 mulai pukul 11.30 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan, perlindungan anak, serta ungkapan kasar dan makian sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (“P3 dan SPS”) KPI Tahun 2012.

Program tersebut menyiarkan lagu dari Gwen Stefani yang berjudul  Hollaback Girl dengan muatan lirik berupa kata kasar “shit”. KPI Pusat menilai hal tersebut berpotensi melanggar Pasal 9, Pasal 15 Ayat (1), dan Pasal 24 SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran untuk memperhatikan norma kesopanan, memperhatikan dan melindungi kepentingan anak, serta larangan muatan ungkapan kasar dan makian dalam bahasa asing. Atas dasar hal ini, KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan.

Peringatan ini merupakan bagian dari pengawasan KPI Pusat terhadap pelaksanaan peraturan serta P3 dan SPS oleh lembaga penyiaran, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (“UU Penyiaran”). Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam menyiarkan sebuah program siaran. 

Demikian agar peringatan ini diperhatikan dan dipatuhi. Atas perhatian saudara, kami sampaikan terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hak Cipta © 2024 Komisi Penyiaran Indonesia. Semua Hak Dilindungi.